BBS
p***@public.gmane.org
2003-12-07 15:50:33 UTC
Satu Pertanyaan Penting !!!

Saya sering membaca sesuatu alamat, yang bernama BBS. Kepanjangannya Bulletin Board System.

Yang saya tanyakan :

1. apakah BBS itu adalah cikal bakal adanya internet ?
2. tapi mengapa nomornya mirip dengan nomor telepon atau nomor fax ?

terimakasih atas perhatian dan jawaban dari anda semua.

--
Hapus bagian yang tidak perlu (footer, dst) saat reply! <<<<
## Info & kirim lowongan kerja : ITCENTER-JOBS-***@public.gmane.org ##

The_Eye_In_The_Sky
2003-12-07 18:04:49 UTC
Post by p***@public.gmane.org
Satu Pertanyaan Penting !!!
Saya sering membaca sesuatu alamat, yang bernama BBS. Kepanjangannya Bulletin Board System.
1. apakah BBS itu adalah cikal bakal adanya internet ?
Bukan, BBS itu centralized server, walau mungkin saja antar server punya
interconnect, dan menggunakan serial communication
Post by p***@public.gmane.org
2. tapi mengapa nomornya mirip dengan nomor telepon atau nomor fax ?
karena emang nelpon ke modem milik server yang dipasang di nomor telepon
itu. Kok heran? Anda pakai Internet gak pakai dial up yah? Kan itu juga
nomor telepon?

2003-12-08 13:08:23 UTC
Mohon maaf atas keluguan saya. Bisa dikatakan saya kenal komputer sudah
langsung di jaman internet, jadi kurang tahu awal dan proses
perkembangannya.

dari tanggapan email yang kuterima, masih ada pertanyaan yang tersisa atau
terlanjutkan (?) yakni :

1. apakah sekarang fasilitas BBS itu masih ada, masih adakah fasilitas BBS
yang masih aktif di jaman internet ini ? siapa dan nomor berapa untuk saya
coba !!!

2. software yang digunakan untuk ber-BBS itu apa namanya, (menurut Pak
Harnanto ada di DOS/ win 31.), nama file program nya apa ya ??

3. Pak Harnanto tinggal di Surabaya ?, jadi hanya perlu pulsa lokal ke STTS
atau memang kalo dengan BBS selalu hitungan pulsanya "lokal" ?

4. fasilitas download dari BBS itu apa namanya. soalnya aku ini mau
menghubungi beberapa alamat di Eropa dan Amerika juga Brazil, saya banyak
dapat alamat BBS disana untuk keperluan pemrograman Clipper, dan yang
sekitar dengan Clipper tsb.

5. setting untuk BBS itu sulit ngga sih, apakah ada IP, DNS dll seperti di
internet/email ini.

6. terimakasih atas kepedulian anda, bantuan anda sangat saya butuhkan.

Harnanto
2003-12-09 06:25:29 UTC
Post by p***@public.gmane.org
1. apakah sekarang fasilitas BBS itu masih ada, masih adakah fasilitas BBS
yang masih aktif di jaman internet ini ? siapa dan nomor berapa untuk saya
coba !!!
Mungkin sudah hampir 'punah' pak. Tadi saya coba akses website
http://bbs.stts.edu/ saja nggak bisa diakses (Host not found). Atau mungkin
sekarang hanya untuk kalangan terbatas saja.
Post by p***@public.gmane.org
2. software yang digunakan untuk ber-BBS itu apa namanya, (menurut Pak
Harnanto ada di DOS/ win 31.), nama file program nya apa ya ??
Wah, sudah lama sekali nih. Kalau nggak salah sih Wildcat atau bisa juga
pakai HyperTerminal
Post by p***@public.gmane.org
3. Pak Harnanto tinggal di Surabaya ?, jadi hanya perlu pulsa lokal ke STTS
atau memang kalo dengan BBS selalu hitungan pulsanya "lokal" ?
Iya, saya di Surabaya. Malah jarak dari rumah ke STTS nggak jauh... :-)
Post by p***@public.gmane.org
[...]
Kayaknya mesti googling dulu (http://www.google.com/) atau coba kontak
dengan salah satu administrator BBS. Tapi kenapa harus lewat BBS sih pak ?.
Sekarang semuanya kan ada di internet ?. Lagipula tadi sekilas saya coba
googling kayaknya dokumennya tahun 1998-an... jadi banyak sekali dead link-nya.

Tapi setelah coba pakai keyword 'wildcat bbs download' dapat beberapa link
sekitar tahun 2002-03 an. Coba klik alamat ini deh:
http://www.rampbbs.com/public/wildcat.htm

tadi saya coba salah satu link-nya (Sanitarium InterBBS) masih bisa
download client macam Telnet-32 dan wcNavigator. Dan kalau nggak salah kita
nggak perlu dial langsung melalui telepon tapi cukup konek ke internet
(pakai Telkomnet misalnya) lalu pakai client tersebut untuk login. Coba
sendiri aja ya seterusnya...
Post by p***@public.gmane.org
5. setting untuk BBS itu sulit ngga sih, apakah ada IP, DNS dll seperti di
internet/email ini.
Maaf, lagi-lagi seingat saya sih enggak sulit. Cuma butuh no telepon yang
dihubungi sama username dan password untuk konek-nya.

Ryo Saeba
2003-12-09 08:06:15 UTC
Post by p***@public.gmane.org
1. apakah sekarang fasilitas BBS itu masih ada, masih adakah fasilitas BBS
yang masih aktif di jaman internet ini ? siapa dan nomor berapa untuk saya
coba !!!
mungkin hangtuah bbs masih aktif, itu si mujaya hertadi sysop-nya.
Post by p***@public.gmane.org
2. software yang digunakan untuk ber-BBS itu apa namanya, (menurut Pak
Harnanto ada di DOS/ win 31.), nama file program nya apa ya ??
kalau yang jalan di DOS paling bagus itu "Terminate". Kalau under windows
itu Procomm Plus 2.
Post by p***@public.gmane.org
[...]
anda harus pakai terminal client yang mendukung proses download, contohnya
Terminate atau Procomm Plus itu. Protokol download-nya macem2, paling
sederhana itu ascii, lalu kermit, ymodem, zmodem dan ada lagi qmodem yang
memungkinkan selama download masih bisa chatting.
Post by p***@public.gmane.org
5. setting untuk BBS itu sulit ngga sih, apakah ada IP, DNS dll seperti di
internet/email ini.
nope, anda hanya perlu setting node-nya saja. banyak program BBS, saya agak
lupa namanya, magic board?
--
Even if I was banished to the darkest place,
my love will never let me be a lonely spirit
### Forum diskusi online : http://www.ITCENTER.or.id/forum ###

Mujaya Hertadi
2003-12-09 11:25:00 UTC
Post by @SILVER
software utk main bbs yang saya pake : Netterm.
software ini free kok.
berbagai 'BBS Software' yang pernah ada ...
• bbs100
• BBBS
• EleBBS
• Ezycom
• Falken
• Fusion GS
• Iniquity
• Maximus
• MysticBBS
• NexusBBS
• PCBoard
• ProBoard
• QuickBBS
• RA
• Renegade
• Revolution
• Searchlight
• Shotgun
• Spitfire
• Synchronet
• Telegard
• TriBBS
• VBBS/VA
• WildCat!
• WinBBS
• WWIV

Ady Permadi
2003-12-09 11:53:06 UTC
Post by Mujaya Hertadi
Post by @SILVER
software utk main bbs yang saya pake : Netterm.
software ini free kok.
berbagai 'BBS Software' yang pernah ada ...
hmm... :D
bandar BBS turun gunung.. :D

Bi[G]
Y!: br4ind4m4ge
--
... get a webhosting with personal touch @ www.a3plusmedia.net ...

Mujaya Hertadi
2003-12-09 23:30:00 UTC
Post by Ady Permadi
Post by Mujaya Hertadi
Post by @SILVER
software utk main bbs yang saya pake : Netterm.
software ini free kok.
berbagai 'BBS Software' yang pernah ada ...
hmm... :D
bandar BBS turun gunung.. :D
heuheuheuehuehuehuehue ...
mumpung ada yang nanyak-nanyak :)

Mujaya Hertadi
2003-12-09 11:30:09 UTC
Post by Ryo Saeba
Post by p***@public.gmane.org
[...]
ups ... sudah istirohat :)

dhulu, senang mbuat BBS .. karena bisa sharing koleksi file-file utility, saat ini jauh lebih mudah cari file-file utility (driver dlsb) di internet

Jacko
2003-12-10 01:50:11 UTC
Dear all,

Saya pengguna USB thumbdrive 128 MB.
Setiap hari saya gunakan (copot - pasang) di rumah dan di kantor.
Kebiasaan ini sudah berjalan sekitar 3 bulan.
OS saya Win XP.

Pagi ini, saya melakukan hal sama, yaitu menancapkan USB thumb drive saya
ke port USB. Lalu seperti biasa juga muncul option untuk open folder, dll.

Sebelum sempet saya oke, pilihan tersebut langsung nutup.
Saya cari di explorer, ternyata USB thumb drive tersebut tidak terdetek.

Saya coba lepas, lalu saya pasang kembali, tapi tidak bisa terdeteksi.
Saya cek USB thumb drive saya, ternyata lampunya tidak nyala.

Lalu saya coba colokkan ke PC lain, ternyata lampunya tetap tidak nyala.

Ada apa kah gerangan..
apakah ada rekan yang punya pengalaman yang sama....

Salam
Jacko

jkt-is
2003-12-10 02:43:13 UTC
sewaktu copot thumb drivernya di-close gak option usb yang ada dipojok kanan
bawah. klo gak distop bisa bikin rusak juga lho....
or tanya aja sama vendornya...

chukly

Jacko
2003-12-10 02:43:32 UTC
Yup. Biasanya sih distop dulu, baru dilepas.
masalahnya, no telpon vendornya ada di rumah.
maklum, itu inventaris pribadi bukan milik kantor.

JacKo

Ryo Saeba
2003-12-10 06:55:36 UTC
Post by jkt-is
sewaktu copot thumb drivernya di-close gak option usb yang ada dipojok kanan
bawah. klo gak distop bisa bikin rusak juga lho....
or tanya aja sama vendornya...
sebenarnya nggak akan bikin rusak secara hardware, itu supaya data yang
masih ada di buffer diflush ke thumb drive. flash drive itu punya cycle
time sampai 100.000 kali, jadi dia sanggup sampai 100.000 kali di-rewrite
sampai akhirnya tidak berfungsi lagi.

The_Eye_In_The_Sky
2003-12-10 09:40:18 UTC
Post by Ryo Saeba
Post by jkt-is
[...]
Sebetulnya ada gunanya juga kok dimatikan dulu sebelum dilepas, soalnya
bisa jadi dia punya kemampuan power down. Kalo pada saat power down,
kemungkinan terjadinya power spike ketika dicabut bisa diminimumkan.
Tapi tentu saja ini kalo desaigner USB-disknya pakai metoda ini. Belum
pernah coba sendiri sih membedah USB disk, tapi saya cuman ambil contoh
WEbcam USB saya. Kalo di disconnect dari software, dia power down
sendiri.

Power spike bukan hal yang ramah buat media penyimpan seperti FlashRAM

Selain itu juga perlu dilihat apakah komputernya punya ground yang
bagus. Kalo tidak ketika USB dicabut, bisa terjadi ESD yang pasti
menghancurkan FlashRAM
Post by Ryo Saeba
time sampai 100.000 kali, jadi dia sanggup sampai 100.000 kali di-rewrite
sampai akhirnya tidak berfungsi lagi.
Dengan logika yang sama adalah suatu kebiasaan yang bagus kalo misalkan
penggunaan USB disk itu tidak tulis hapus tulis hapus beberapa file
dalam waktu singkat.
Adalah lebih jauh kalo mengisinya sampai penuh, baru kemudian dihapus
sekali. Dengan cara ini, mengurangi write-erase cycle

samto ®
2003-12-10 02:50:55 UTC
Coba Anda..matikan auto detect yang di Bios Motherboardnya dulu...terus di
restart dan kemudian di nyalain lagi..

Ada kemungkinan juga IC chip USB thumbdrivenya terbakar..

The_Eye_In_The_Sky
2003-12-09 11:14:04 UTC
Post by p***@public.gmane.org
[...]
kebanyakan sudah tewas, karena memang skalanya lokal. Hanya efficient
untuk komunikasi dalam satu kota dimana koneksi teleponnya lokal. Begitu
mau antara kota pakai long distance call, biayanya gak bisa bersaing ama
Internet
Post by p***@public.gmane.org
2. software yang digunakan untuk ber-BBS itu apa namanya, (menurut Pak
Harnanto ada di DOS/ win 31.), nama file program nya apa ya ??
Software BBS server atau client buat akses BBS?
Kalo server : Wildcat, Galacticomm
Kalo client : HyperTerminal, tip, Procomm Plus, Terraterm Pro, minicom,
NetTerm, pokoknya segalam macam software yang bisa melakukan serial
communication
Post by p***@public.gmane.org
3. Pak Harnanto tinggal di Surabaya ?, jadi hanya perlu pulsa lokal ke STTS
atau memang kalo dengan BBS selalu hitungan pulsanya "lokal" ?
Ya kayak telepon dong.
BBS server ada di kota anda, ya anda telepon local ke nomor itu kan
BBS server ada di kota lain, ya anda telepon SLJJ ke nomor itu kan
BBS server ada di negara lain, ya anda telepon SLI ke nomor itu kan
Post by p***@public.gmane.org
[...]
Ya asal program terminalnya support download protocol semacam Zmodem,
Kermin, Xmodem etc jelas bisa. Tapi mosok anda mau ngeBBS ke negerinya
Bush sono, SLI boooook, bisa bokek.
Mosok sih di Internet kagak ada resourcesnya? Udah males orang main BBS
sekarang
Post by p***@public.gmane.org
5. setting untuk BBS itu sulit ngga sih, apakah ada IP, DNS dll seperti di
internet/email ini.
Kalo sekarang, lebih sulit dari Internet, karena udah jarang yang pakai
:P
Post by p***@public.gmane.org
6. terimakasih atas kepedulian anda, bantuan anda sangat saya butuhkan.
Lupakan saja soal per-BBS-an, romantika masa lalu

Mujaya Hertadi
2003-12-09 12:30:00 UTC
Post by p***@public.gmane.org
5. setting untuk BBS itu sulit ngga sih, apakah ada IP, DNS dll seperti di
internet/email ini.
Anda bisa bermain-main atau uji-coba BBS, shareware PCBoard bisa di donlot di situs:

selamat mencoba .. :)

Mujaya Hertadi
2003-12-09 13:50:00 UTC
Post by Mujaya Hertadi
Post by p***@public.gmane.org
5. setting untuk BBS itu sulit ngga sih, apakah ada IP, DNS dll seperti di
internet/email ini.
selamat mencoba .. :)
maaf .. yang benar adalah:

The_Eye_In_The_Sky
2003-12-09 14:10:11 UTC
Post by Mujaya Hertadi
Post by Mujaya Hertadi
Post by p***@public.gmane.org
5. setting untuk BBS itu sulit ngga sih, apakah ada IP, DNS dll seperti di
internet/email ini.
selamat mencoba .. :)
heheeh, semangat banget :)

Eh Pak, ada software BBS yang bisa diakses dari TCP/IP kan? Dulu sempet
cobain bajakan Galacticomm terakhir tahun 1995-an deh. Kalo ada versi
shareware atau demo software yang kayak gitu boleh juga tuh kita pasang
"virtual" BBS. Para memberi diwajibkan pakai Blue Wave untuk baca+reply
email..hehhee

Mujaya Hertadi
2003-12-10 00:30:00 UTC
Post by The_Eye_In_The_Sky
Post by Mujaya Hertadi
http://groups.yahoo.com/group/kyulineri/files/PCBoard%20v15.0%20Shareware/
heheeh, semangat banget :)
hihihiihhiih ... :)
Post by The_Eye_In_The_Sky
[...]
kalo nemuin 'demo'nya ..... ntar dipajang :)

Mpu Gondrong
2003-12-09 14:42:28 UTC
Selasa, 09/12/03 20:50:00, Mujaya menulis:

MH> maaf .. yang benar adalah:

Hmmm..., jadi nostalgia ke masa lalu yach... Dulu saya juga mantan
member Hangtuah Online lhoo..., skr yg masih ada bengkelnya ya... :)

Tertanda,
Oguds [36856104]

Mujaya Hertadi
2003-12-10 01:30:00 UTC
Post by Mpu Gondrong
Hmmm..., jadi nostalgia ke masa lalu yach... Dulu saya juga mantan
member Hangtuah Online lhoo..., skr yg masih ada bengkelnya ya... :)
BBS Hangtuah terakhir nyala 1995 ..
setelah itu hilang lenyap ditelan internet :(
Post by Mpu Gondrong
Tertanda,
Oguds [36856104]

2003-12-10 02:14:14 UTC
Saya sampai skrg masih main BBS kok.
Tapi ini BBS yg lewat TCP/IP..jadi gak usah peduli soal pulsa telp segala..
Yg penting punya koneksi internet udah bisa.
Kalo ada yg mau coba silahkan kesini aja.. alamat telnetnya :
perpita.twbbs.org
Tapi tampilannya bahasa mandarin loh hehehe.. krn ini BBS perkumpulan anak
indo tempat saya sekolah dulu (di Taiwan)..
Dan kalau dicoba connect dr indonesia, mungkin bakal lambat.. kecuali kamu2
pake koneksi internet yg kenceng..
Dan kebetulan saya adalah mantan sysopnya dulu :)
Saya pegang bagian admin board masternya..

Hmmm..., jadi nostalgia ke masa lalu yach... Dulu saya juga mantan
member Hangtuah Online lhoo..., skr yg masih ada bengkelnya ya... :)
BBS Hangtuah terakhir nyala 1995 ..
setelah itu hilang lenyap ditelan internet :(
Post by Mpu Gondrong
Tertanda,
Oguds [36856104]

Ady Permadi
2003-12-10 03:37:40 UTC
Post by Mpu Gondrong
Hmmm..., jadi nostalgia ke masa lalu yach... Dulu saya juga mantan
member Hangtuah Online lhoo..., skr yg masih ada bengkelnya ya... :)
Hangtuah Online.. yang "pada jamannya" menyediakan line telpon paling banyak
bukan ? :D
dibanding yg laen.. hanya 1 - 2 line..

Bi[G]
Y!: br4ind4m4ge

Harnanto
2003-12-22 08:34:25 UTC
Post by Ady Permadi
Hangtuah Online.. yang "pada jamannya" menyediakan line telpon paling banyak
bukan ? :D
dibanding yg laen.. hanya 1 - 2 line..
Kalau diinget-inget jaman tersebut rasanya bahagia banget lho bisa dengerin
suara modem konek ke BBS... :-)

Sensasinya lain banget dengan internet. Mungkin karena full text-based.
Kalau ada gambar aja dikonversi dulu jadi ASCII graphic... :-)
--
Post by Ady Permadi
Hapus bagian yang tidak perlu (footer, dst) saat reply! <<<
### Forum diskusi online : http://www.ITCENTER.or.id/forum ###

Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/
Harnanto
2003-12-08 02:37:33 UTC
Post by p***@public.gmane.org
[...]
Dulu pertama kali punya modem dan komputer 286 (lupa tahun berapa, sekitar
1997 kalau nggak salah) saya lumayan sering konek dari rumah ke BBS milik
dari STTS Surabaya karena di BBS tersebut banyak sekali menyediakan
file-file program DOS (dan Windows 3.1) yang bisa didownload secara bebas.
Dan waktu itu internet juga sudah ada sebenarnya, tapi karena harus
berlangganan per bulan saya tetap memilih online berjam-jam ke BBS yang
pendaftarannya gratis jadi tinggal bayar biaya pulsa telepon lokal biasa.

Dan si pemilik BBS ini kalau dia punya koneksi ke internet maka BBS-nya
juga dibikinkan interkoneksi dengan internet. Maka user yang konek ke BBS
juga bisa mengakses internet.

Kalau diinget-inget, dulu asyik juga lho maen BBS ini. OS-nya dulu saya
lebih suka pakai DOS karena simpel dan cepat. Tapi itu dulu. Kalau sekarang
lebih asyik maen internet karena komputer dan OS-nya lebih canggih.

Jadi kalau dibilang cikal bakal adanya internet mungkin juga ya. Karena
antar BBS dulu juga ada yang saling konek.

SAS/Rio (MIS)
2003-12-09 07:01:11 UTC
1. Dulu sekitar tahun 95-97 masih banyak BBs di Jakarta, seperti Dprin
(departemen perindustrian),
GMF-linx (Garuda teknik), dan masih banyak lagi. Sekarang saya gak tahu
apakah mereka masih
Maintain BBs nya.

2. Ada beberapa software BBs : Wildcat (DOS), Excalibur (Windows),
Galacticom (DOS,Windows)
Garuda & Deprin terakhir yg saya tahu menggunakan software WorldGroup
dari Galacticom
3.

4. Di BBs ada menu File Library yang isinya perpustakaan file2 yg bisa
di download.

5. 1 komputer di set sebagai server, koneksinya bisa menggunakan
dialup/telnet

6. Sama-sama.

Ryo Saeba
2003-12-09 07:55:59 UTC
Post by p***@public.gmane.org
1. apakah BBS itu adalah cikal bakal adanya internet ?
bukan. cikal bakal internet itu adalah project dari DARPA yang menginginkan
adanya suatu sistem network yang tahan terhadap kemungkinan serangan / perang.
Post by p***@public.gmane.org
2. tapi mengapa nomornya mirip dengan nomor telepon atau nomor fax ?
ya karena anda harus mengaksesnya dengan terminal client. biasanya client
yang saya pakai adalah "terminate".

SAS/Rio (MIS)
2003-12-10 01:24:06 UTC
Pak Hertadi kalo gak salah admin nya BBs Hang Tuah ya Pak?
Saya dulu pernah ikutan seminar BBs/Cyberlaw dan Anda salah
satu pembicaranya.

Hmmm..., jadi nostalgia ke masa lalu yach... Dulu saya juga mantan
member Hangtuah Online lhoo..., skr yg masih ada bengkelnya ya... :)
BBS Hangtuah terakhir nyala 1995 ..
setelah itu hilang lenyap ditelan internet :(
Post by Mpu Gondrong
Tertanda,
Oguds [36856104]